Cari Artikel

Membuat Perangkap Lalat Buah

 on Minggu, 20 Desember 2015  


Cara membuat perangkap lalat-  updated diatas bis.

Subuh subuh menjelang berangkat tur wali songo, saya terpaksa berkejaran dengan waktu untuk membuat perangkap lalat buah. Perangkap harus sudah terpasang di kebun karena akan ditinggal 10 hari. Sudah lama sebenarnya berniat membuat perangkap lalat buah. Tanaman cabe dikebun belakang mess yang tumbuh sangat subur, buah buahnya berjatuhan diserang lalat. Sekarang pohon pohon itu mulai berbunga lagi sangat banyak.

Setelah sholat subuh, saya panaskan solder, kemudian saya ambil toples plastik bekas makaroni. Saya buat 3 lubang sebesar ibu jari di sisi sisi toples, kemudian saya beri gantungan kawat bekas hanger baju. Diujung kawat saya beri gulungan tisu yang telah ditetesi atraktan (pemikat) lalat bermerek petrogenol.

Didasar toples saya beri air sedikit. Kemudian saya ambilkan bambu sepanjang dua meter, saya tancapkan ditanah disela sela tanaman cabe. Diatas bambu itu, saya gantungkan perangkap lalat. Selesai, waktu pengerjaan kurang lebih setengah jam.

Kira kira prinsipnya seperti gambar diatas.

Prinsip kerjanya adalah, cairan atraktan yang mengandung methyl eugenol akan menarik lalat untuk mendekat. Kemudian lalat akan masuk lewat lubang yang sudah disiapkan. Setelah masuk kedalam, lalat tidak bisa keluar lagi karena terpikat oleh methyl eugenol. Kemudian mereka akan jatuh ke air.

Urusan dengan lalat selesai, saya berangkat tur walisongo dengan hati tenang. Sampai jumpa 10 hari lagi, kita lihat ada berapa lalat yang terperangkap.

Cara membuat perangkap lalat - Catatan Kang Subhan @ 2015-



Membuat Perangkap Lalat Buah 4.5 5 subhan Minggu, 20 Desember 2015 Cara membuat perangkap lalat-  updated diatas bis. Subuh subuh menjelang berangkat tur wali songo, saya terpaksa berkejaran dengan waktu un...


3 komentar:

Cara Mengeriting Rambut Tanpa Alat Catok mengatakan...

Lalat buah menjadi salah satu hama yang perlu dibasmi. Untuk membasminya dapat menggunakan perangkap dalam menangkap lalat. Terima kasih untuk informasinya mengenai cara membuat perangkat lalat buah.

Tips Bermain Clash Royale mengatakan...

Lalat memang sangat mengganggu dan dapat menyebabkan berbagai dampak buruk. untuk itu lalat harus dibasmi.. Makasih infonya gan

Penyakit Asma mengatakan...

Serangga yang satu ini memang sangatlah menjijikkan dimana dapat menyeabbkan berbagai dampak buruk terutama bagi kesehatan. karena dapat membawa bakteri dan virus dari tempat satu ketempat yang lain

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Arsip Blog

Find Us On Facebook

Flickr Images

Video Of Day

Pages

Formulir Kontak