FIQH X MAPK - 01. Perkembangan Fiqh dan Munculnya Madzhab
نَشْأَةُ الْفِقْهِ وَظُهُوْر الْمَذَاهِبِ الْفِقْهِيَّة
Pertumbuhan Fiqih dan munculnya madzhab madzhab Fiqih
تَعْرِيْفُ الْفِقْهِ وَنَشْأَتُهُ
Pengertian Fiqih dan pertumbuhannya
الْفِقْهُ لُغَةً : الْفَهْمُ . قَالَ اللهُ تعالى : ﴿ فَمَالِ هَؤُلاَءِ الْقَوْمُ لاَ يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا ﴾ (النساء :۷۸ ) أي يَفْهَمُوْنَه. وَاصْطِلَاحًا : الْعِلْمُ بِالأَحْكَامِ الشّرْعِيَّةِ الْعَمَلِيَّة الْـمُكْتَسَبِ مِن أَدِلَّتِها التَّفْصِيْلِيَّة .
Fiqih menurut bahasa artinya paham. Allah ta'ala berfirman : " Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun? " - An Nisa 78.
(Kata Yafqahun pada ayat tersebut maksudnya adalah Yafhamun ).
Dan pengertian fiqh menurut istilah : adalah ilmu tentang hukum hukum syariat yang bersifat amaliah, yang diambil dari dalil dalilnya yang terperinci.
إِنَّ الْفِقْهَ قَدْ بَدَأَ مُنْذُ عَصْرِ النُّبُوَّةِ. وَقَدْ نَزَلَ الْقُرْآنُ بِاْلأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ. وَكَانَ رَسُوْلُ اللهِ يُــبَـيِّنُ هَذِهِ اْلأَحْكَامِ لِلنَّاسِ . وَكَانَ أصْـحَابُ النَّــبِيِّ يَرْجِعُوْنَ إلَيْهِ لِلتَّعَلُّـمِ وَاْلاِسْتِفْتَاءِ وَلِفَصْلِ الْـخِصَامِ حَتَّى قَامَتْ الدَّوْلَةُ اْلِإسْلَامِيَّةُ وَطَبَّقَتْ أحْكَامَ الشَّرِيْعَةِ
Sesungguhnya fiqih telah mulai muncul sejak masa kenabian. Alquran turun dengan membawa hukum-hukum syariat. Dan Rasulullah SAW menjelaskan hukum-hukum yang dibawa al Qur'an ini kepada manusia. Dan para sahabat nabi Muhammad merujuk kepada nabi untuk mempelajari syariat tersebut, untuk meminta fatwa dan untuk menyelesaikan per selisihan. Hingga berdirinya daulat islamiyah, dan diterapkannya hukum-hukum syariat.
وَقَدْ قَامَ الصَّحَابَةُ بِوَظِيْفَتِهِمْ أَحْسَنَ قِيَامٍ مُعْتَمِدِيْنَ عَلَى مَا تَـعَلَّمُوْه مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ﷺ . فَكَانَ كبِاَرُ الصَّحَابَةِ مِثْلُ الْـخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ يُطَبِّقُوْنَ اْلأحْكَامَ مُسْتَنِدِيْنَ فِي ذَلِكَ إلىَ كِتَابِ اللهِ. فَإنْ لَـمْ يَـجِدُوْا فِيْهِ رَجَعُوْا إِلَي اْلأحَادِيْثِ ، فَإِنْ لَـمْ يَـجِدُوْا فِي السُّنَّةِ نَظَرُوْا إِلَى اْلأدِلَّةِ وَاسْتَنْبَطُوْا اْلأحْكَامَ مُسْتَخْدِمِيْنَ الْقِيَاسَ أحْيَانًا ، فَإِنِ اتَّـفَقُوْا عَلَى حُكْمٍ كَانَ اتِّـفَاقُهُمْ إِجْمَاعًا وَهُوَ الْـمَصْدَرُ الثَّالِثُ . وَ إِنْ لَمْ يَـتَّـفِقُوْا عَلَى حُكْمٍ اِجْتَهَدَ الصَّحَابَةُ كَعَلِيٍّ وَعُمَرَ وَابْنَ عَبَّاسٍ وَاسْتـَمَرَّتْ هَذِهِ اْلاِجْتِهَادَاتُ مِنْ عَصْرِ هِمْ إِلَى عَصْرِ التَّابِعِيْنَ .
Para sahabat sungguh telah menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dengan berpedoman kepada apa yang mereka pelajari dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam para sahabat senior seperti Khulafaur Rasyidin menerapkan hukum-hukum dengan bersandar kepada kitabullah apabila tidak dijumpai di dalam kitab Allah mereka merujuk kepada hadis-hadis apabila tidak mereka jumpai di dalam sunnah mereka mengamati kepada dalil-dalil kemudian mereka mengambil hukum dengan perantaraan kias kadang-kadang.
ظُهُوْرُ الْـمَذَاهِب الْفِقْهِيَّة
Munculnya madzhab madhab Fiqh
فِي الْقَرْنِ الثَّانِي الْـهِجْرِيِّ لَـمَعَ عَدَدٌ مِنَ الْفُقَهَاءِ الَّذِيْنَ اسْتَفَادُوْا مِـمَّنْ قَبْلَهُمْ وَأَحْدَثُوْا لِأَنْـفُسِهِمْ مَنَاهـِجَ، وَاجْتَمَعَ حَوْلَـهُمْ التَّلاَمِيْذُ وَرَجَعَ النَّاسُ إِلَـيْهِمْ لِطَلَبِ الْفَتْوَى فِي الْـمَسَائِلِ فَقَلَّدُوْا مَذَاهِبَهُمْ وَجَمَعُوْا آرَاءَهُمْ وَدَوَّنُوْا أَقْوَالَهُمْ فَصَارَتْ مَذَاهِبَ مُسْتَقِلَّةً
Pada abad ke-2 Hijriyah bersinarlah sejumlah ahli fiqih yang mereka itu mempelajarinya dari orang-orang sebelum mereka kemudian mereka menciptakan sendiri manhaj untuk diri mereka sendiri kemudian berkumpul di sekeliling mereka para siswa kemudian orang-orang merujuk kepada mereka dalam meminta fatwa dalam beberapa masalah.
وَمِنْ أَبْرَزِهِمْ : الْـحَسَن الْـبَصْرِي (٢١ - ۱۱۰ هـ)، وَ الـنُّعْمَانُ بْنُ ثَابِتٍ الْـمُكَنَّى بِأَبِي حَنِيْفَةَ (٨٠-١٥٠ هـ)، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو اْلأَوْزَاعِيُّ (٨٨-١٥٧ هـ)، وَمَالِكٌ بْنُ أنَسٍ (۹۳-۱۷۹ هـ)، وَاللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ(٩٤-١٧٥هـ)، وَسُفْيَانُ الثَّوْرِيْ (٩٦-١٦١ هـ)، وَسُفْيَان بْنُ عُيَيْـنَةَ (۱٠٧-۱۹۸ هـ)، وَمُـحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيْسَ الشَّافِعِيُّ (١٥٠-٢٠٤ هـ) وَأَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ (١٦٤-٢٤١ هـ) إِسْـحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْه (١٦١-۲۳۸ هـ) .
Diantara para ulama yang paling menonjol adalah :
- Hasan Bashri (21 - 110 H)
- Nukman bin Tsabit yang dipanggil Abu Hanifah ( 80 - 150 H)
- Abdurrahman bin Amr al Auza'i (88 - 157 H)
- Malik bin Anas (93 - 179 H)
- Laits bin Sa'ad ( 94 - 175 H)
- Sufyan as Tsauri (96 - 161 H)
- Sufyan bin Uyainah ( 107 - 198 H)
- Muhammad bin Idris As Syafi'i ( 150 - 204 H )
- Ahmad bin Hambal (164 - 241 H)
- Ishaq bin Rahawaih (161 - 238 H )
الْبَيْعُ لُغَةً مُقَابَلَةُ شَيْءٍ بِشَيْءٍ عَلَى
Pengertian jual beli
الْبَيْعُ لُغَةً مُقَابَلَةُ شَيْءٍ بِشَيْءٍ عَلَى
Pengertian jual beli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar