Cari Artikel

Perkembangan Tasawwuf

 on Rabu, 15 Februari 2023  

Tasawwuf memiliki sumber pegangan dari Al Qur'an, hadis nabi dan Amaliah para sahabat. Perkbangan tasawwuf bisa diringkaskan sebagai berikut : 
1. Fase Amali 
Pada tahapan ini, tasawwuf terwujud dalam perilaku nabi Muhammad dan para sahabatnya. Misalnya hidup sederhana, qanaah, Zuhud, mandiri, dan lain lain. Nabi dan para sahabat adalah contoh terbaik.

2. Fase Akhlaqi
Pada tahapan ini, masalah hati dan penanaman akhlaq mulia, mulai diselidiki oleh para ulama, dan diteorikan. Maka mulai muncul ilmu akhlaq. 
Tokoh tokohnya antara lain : 
Rabiah Al adawiyah (ajarannya : mahabbah atau hubb atau cinta)
Dzunnun Al Misri (ajarannya mengenai maqamat. Maqamat adalah tahapan tahapan spiritual, seperti taubat, waro', Zuhud, sabar dan seterusnya.)
Hasan Bashori (ajarannya adalah Zuhud yaitu lebih mementingkan akhirat daripada dunia karena kehidupan akhirat lebih baik)

3.  Fase Falsafi 
Pada fase ini, tasawwuf banyak mengambil dan terpengaruh oleh filsafat dari luar Islam seperti filsafat Yunani, filsafat Kristen dan lain lain. 
Ajaran ajarannya antara lain : 
Fana' - seorang sufi kehilangan kesadaran akan eksistensi dirinya. Kondisi ini memunculkan syatohat yaitu ucapan ucapan meracau tanpa sadar. 
Hulul - Seorang sufi yang berhasil membersihkan dirinya, akan disinggahi oleh Allah SWT. Maka terjadi penyatuan antara hamba dan Tuhannya. Tokohnya adalah Abu Mansur Al Hallaj
Ittihad - hampir mirip dengan hulul, hanya saja bukan Allah yang singgah tetapi hamba tersebut yang menyatu dengan Tuhannya. Tokohnya adalah Abu Yazid al Busthami
Wahdatul wujud - berpendapat bahwa hanya ada satu eksistensi yang wujud yaitu Allah SWT. Tidak ada wujud lain. Segala warna warni yang kita lihat adalah wujud Allah. Termasuk diri kita sendiri.

4. fase Sunni
Adalah tahapan dimana tasawwuf dikembalikan kepada ajaran Al Qur'an dan Al Hadis. Tokohnya adalah Imam Al Ghazali . 
Pada masa ini, muncul thariqat thariqat sufi. Antara lain 
thariqat qadiriah - Syekh Abdul Qadir Al Jailani
Thariqat Naqsyabandiyah - Bahaudin Naqsyaband
Thariqat Syadziliyah - AsyvSyadzali
Thariqat Maulawiyah - Jalaluddin Ar Rumi

---000---

Perkembangan Tasawwuf 4.5 5 subhan Rabu, 15 Februari 2023 Tasawwuf memiliki sumber pegangan dari Al Qur'an, hadis nabi dan Amaliah para sahabat. Perkbangan tasawwuf bisa diringkaskan sebagai ber...


4 komentar:

Anonim mengatakan...

keren blog nya pak subhan :) #ruzka azra

Anonim mengatakan...

keren blog nya pak subhan #ruzka azra

Anonim mengatakan...

Keren blog nya pak subhan #Ruzka Azra

Ruzka Azra mengatakan...

Keren Blog nya pak subhan top deh

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Find Us On Facebook

Flickr Images

Video Of Day

Pages

Formulir Kontak