Cari Artikel

Salaman Setelah Sholat, Salah Satu Keunikan Jamaah Indonesia

 on Senin, 20 November 2017  



Catatan Umroh 2017

Selain peci hitamnya yang khas, jamaah umroh asal Indonesia diketahui dari kebiasaannya yang unik. Setiap selesai sholat mereka pasti mengajak salaman orang sebelah kanan, kiri, depan, dan belakang. Tidak cukup satu orang yang disalamin. Dibagian belakang bisa tiga orang diajak salaman. Mereka sudah terbiasa seperti itu ditanah air. Kecuali di masjid masjid tertentu dikota kota besar.

Ditanah suci, tentu kebiasaan ini menjadi unik karena orang orang Arab tidak melakukannya. Mereka mungkin belum pernah mengalami itu sehingga sebagian dari mereka malah tertarik untuk ikut salaman. Maka terjadilah sebuah peristiwa yang menggelikan.

Seperti yang saya lihat pada hari itu. Ada seorang tua berpeci hitam, mengajak salaman sehabis sholat. Yang disalami semuanya orang Arab. Kanan, kiri, depan, kemudian dia berbalik badan kebelakang dia salamin. Melihat itu, orang orang Arab yang posisi duduknya agak jauh, ikut ikutan mengulurkan tangan minta disalamin. Seperti efek berantai, akhirnya mereka silih berganti mendekati pak tua itu untuk bersalaman. Setelah bersalaman mereka cengar cengir dan saling berkomentar dengan teman temannya dengan bahasa Arab. Tampaknya mereka senang.  

Pak tua itu pasti tidak menyangka bahwa hari ini dia bersalaman dengan lebih banyak orang daripada ditanah air. Saya berbisik kepada teman saya :  "orang tua itu mungkin seorang wali.."  Teman saya tertawa. Kemudian teman saya berkata : "Di Indonesia malah dikasih sikut...."

Apa yang dikatakan teman saya itu benar, karena pada tahun 1996 saya pernah mengalaminya.Saya sholat subuh disebuah masjid diderah Matraman dekat kampus LIPIA. Selesai sholat, saya ajak salaman orang sebelah kanan saya, dia membalasnya dengan sikut.


Salaman Setelah Sholat, Salah Satu Keunikan Jamaah Indonesia 4.5 5 subhan Senin, 20 November 2017 Catatan Umroh 2017 Selain peci hitamnya yang khas, jamaah umroh asal Indonesia diketahui dari kebiasaannya yang unik. Setiap selesa...


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Find Us On Facebook

Flickr Images

Video Of Day

Pages

Formulir Kontak