Cari Artikel

Cara Terbaru Membasmi Aphid

 on Jumat, 08 Mei 2015  

Ini kutu daun yang biasa disebut aphid wikipedia

Ini cara terbaru membasmi aphid hasil uji coba saya sendiri. Dijamin uwampuuh... kutu kutu penghisap ini lenyap... bener bener lenyap tidak tersisa satupun. Saya juga heran .....biasanya kalo disemprot pake ramuan lain, aphids masih tersisa walaupun jumlahnya berkurang.

Ceritanya, pohon cabe saya yang jumlahnya cuman 7 pohon tiba tiba ujungnya menghitam dikerubutin semut. Padahal pohon pohon cabe ini lagi bagus bagusnya berbunga. Gara gara saya tinggal Tour Walisongo seminggu jadi gak keurus.


http://romatechagro.blogspot.com/
Bagian yang diserang adalah tunas tunas pucuk, bunga bunga, dan calon buah. Bergidik banget ngeliatnya..sampe ketutup sama kutu dan semut. Biasanya saya bikin ramuan daun tomat dan bawang putih. Tapi kali ini daun tomat saya tidak punya...

Tidak boleh lama dibiarkan. harus segera diatasi...nyari nyari cara akhirnya ketemu kapur semut merek bagus . Ya sudah dicoba saja...


Saya ambil sepertiga batang kapur semut (kebetulan saya hanya punya merek Bagus). Saya takut make banyak banyak. Kapur itu saya haluskan dengan cara diulek.




Kemudian saya ambil satu buah bawang putih, saya haluskan juga. Trus di campur air kira kira sepenuh botol semprotan air. Kemudian saya saring pake kain dan dimasukkan ke botol spray lalu semprotkan.




Banyak semut dan aphid yang mencelat karena semprotan tapi yang bertahan juga masih banyak. Setelah rata disemprot, saya biarkan sampe pagi (karena saya semprot sore hari). Pas pagi harinya, saya siram pohon pake air selang kemudian saya periksa, bersih..!!! tidak ada kutu, tidak ada semut.

Keadaan bersih ini bertahan sampe kira kira sebulan kemudian, baru muncul lagi aphid tetapi tidak saya biarkan beranak pinak banyak --langsung saya basmi.

Sudah berapa kali nyemprot ?
Sudah 4 kali sejak pulang walisongo 28 Des. 2014

Apakah aman ?
Bagi pohon, alhamdulillah masih baik baik saja, malah makin subur karena tidak berhama.
Bagi manusia, saya tidak tahu. Sampai hari ini masih baik baik saja walaupun cabenya dibuat sambel tiap hari.

Kenapa kapurnya cuman sepertiga batang ?
Coba coba saja. Saya hanya takut kebanyakan. Jadi itu dosisnya ngasal. Kalau mau lebih, coba saja.

Kenapa bawangnya cuman satu buah ?
Kalau ini saya punya pengalaman. Terlalu banyak bawang menyebabkan daun daun menjadi keriting. Katanya sih bawang putih mengandung banyak sulfur dan bisa mengundang jamur hama.
Bawang putih hanya untuk mengeluarkan kutu dari persembunyiannya, karena aromanya tidak disukai hama. Jadi pakenya sedikit saja yang penting bau bawang..gitu kali.

Kenapa harus disaring ?
Biar kotoran dan ampas yang tersisa tidak menyumbat spray. Disaringnya pakai kain aja.


Terima Kasih 
telah membaca artikel tentang cara terbaru membasmi aphid
Posting original Subhan Hidayat
2015
*
*
*

Cara Terbaru Membasmi Aphid 4.5 5 subhan Jumat, 08 Mei 2015 Ini kutu daun yang biasa disebut aphid wikipedia Ini cara terbaru membasmi aphid hasil uji coba saya sendiri. Dijamin uwampuuh... kut...


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Find Us On Facebook

Flickr Images

Video Of Day

Pages

Formulir Kontak